Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Habit Forming di MTsN 2 Jombang

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan kemampuan guru dalam mendayagunakan sumber daya yang ada, melalui kegiatan menciptakan dan mengembangkan kerjasama, sehingga diantara mereka tercipta pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan dikelas secara efektif dan efisien. Pembelajaran akidah akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya terdapat nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, pembelajaran Akidah Akhlak ini sangat cocok sebagai sarana pembentukan karakter dan kebiasaan siswa yang positif. Melalui pelajaran Aqidah Akhlak dan kegiatan pembiasan ini menjadi salah satu cara pembentukan karakter dan kebiasaan yang positif, karena di dalamnya terdapat nilai-nilai kehidupan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat bagaimana pengelolaan pembelajaran akidah akhlak berbasis dengan pembiasaan. Penelitian ini adalah jenis studi kasus dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa manajemen pembelajaran akidah akhlak harus berjalan dengan baik, karena manajemen pembelajaran akidah akhlak sangat berpengaruh terhadap kebiasaan peserta didik.