PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Abstract

Pembelajaran adalah proses intraksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Pembelajaran akan menjadi hidup tergantung bagaimana guru mengelola kelas dengan baik. Seperti halnya guru di SMP Abdul Wahid Hasyim Jombang mengelola kelas dengan baik pada pembelajaran Akidah Akhlak. Pengelolaan kelas sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan pembelajaran. Oleh karenanya guru harus harus memiliki peran mengelola kelas diantaranya keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan keterampilan guru dalam mengendalikan pembelajaran agar Kembali kondusif Peningkatan kualitas pembelajaran akidah akhlak telah dilakukan, baik upaya  peningkatan kualitas guru di bidang studi akidah akhlak itu sendiri maupun peningkatan kualitas guru oleh kepala sekolah serta peran guru dalam peningkatan pembelajaran akidah akhlak Bersama siswa. Adapun peran yang dilakukan oleh guru adalah peningkatan materi, penggunaan metode yang bervariasi, pemanfaatan fasilitas dan melakukan evaluasi. Dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak terdapat juga faktor pendorong dan penghambat. Adapun yang menjadi faktor pendorong adalah minat siswa yang tinggi terhadap mata pelajaran akidah akhlak sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah latar belakang siswa yang berbeda ditingkat kecerdasan yang tidak sama. Dengan demikian untuk meningkatkan pembelajaran akidah akhlak  maka sebagai guru dan kepala sekolah lebih memantapkan tugasnya dengan melakukan berbagai usaha serta mampu memecahkan berbagai hambatan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran guru dalam pengelolaan  kelas  untuk meningkatkan pembelajaran akidah akhlak bagi peserta didik di SMP Abdul Wahid Hasyim Jombang. Untuk ,mencapai tujuan penelitian diatas, digunakan pendekatan  penelitian yaitu penelitian kualitatif. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan wawancara.