Pesan Dakwah dalam Film “Web Series Ustad Milenial” Karya Eko Kristianto

Abstract

Berdakwah tidak hanya dilakukan di dalam masjid, mushola, ataupun di dalam acara pengajian. Tetapi untuk era sekarang ini, film juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk berdakwah di kalangan masyarakat. Film adalah sebuah karya seni yang dihasilkan oleh kerja sama tim. Film memerlukan skenario, para pemain, sutradara serta orang lain yang turut andil dalam proses produksi film dari mulai cameraman, editor, lighting, art director, music aransemen hingga script writer. Media dakwah melalui seni dan budaya bisa lebih berkesan dalam hal yang berkaitan dengan penyampaian ajaran Islam. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi para da’i untuk berdakwah ketika efek dari film tersebut dapat di isi dengan konten-konten yang memuat ajaran Islam. Rumusan masalah yang dibahas di dalam skripsi ini adalah apa pesan dakwah yang terkandung dalam film Web Series Ustad Milenial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pesan dakwah yang terkandung dalam film Web Series Ustad Milenial. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni berupa dokumentasi Untuk menjawab rumusan masalah yang telah dipaparkan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Hasilnya, peneliti menemukan beberapa pesan dakwah dalam film Web Series Ustad Milenial, diantaranya: (1) Tanggung jawab seorang guru kepada muridnya. (2) Umat Muslim harus selalu ber-ikhtiyar dan berdo’a kepada Allah SWT. (3) Kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada orang tua. (4) Larangan suap-menyuap di dalam bisnis. (5) Keindahan dan kewajiban sholat bagi umat muslim. (6) Keteguhan iman umat Muslim. (7) Hukum bunga dalam agama Islam. (8) Anjuran mengucapkan dan menjawab salam.