Konsep dan Teori Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan merupakan usaha dan upaya sadar individu guna mengembangkan diri dengan potensi yang dimilikinya. Pendidikan adalah modal yang fundamental bagi individu karena dengan pendidikan, individu akan mampu untuk menemukan solusi dari tiap permasalahan yang ditemui. Dalam Islam, pendidikan merupakan hal yang wajib bagi muslim. Karena dengan pendidikan, seorang hamba akan mengetahui dan berjalan menuju Allah Swt. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui konsep dan teori belajar dalam perspektif pendidikan Islam; 2) memaparkan metode pembelajaran dalam pendidikan Islam; 3) menganalisis tantangan dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan studi pustaka yang berfokus dengan pengambilan data- data melalui beberapa referensi seperti literatur, buku, catatan, dan informasi ilmiah yang dipublikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep dan teori belajar dalam perspektif pendidikan islam ada tiga macam yaitu taqlid (imitasi/peniruan), tajribah wal khata' (trial and error), dan ta'wid (pembiasaan). Dalam metode pembelajaran pendidikan Islam ada lima metode yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, eksperimen, dan demonstrasi. Pendidikan Islam menghadapi berbagai macam tantangan antara lain: krisis identitas, iklim pendidikan global, dan perubahan sistem pendidikan nasional, sehingga diperlukan ketrampilan yang harus ditingkatkan dengan cara mampu menemukan solusi, berfikir kritis, kratifitas tinggi.