استخدام استراتيجيات ترتيب الكلمات في تعليم الصرف خاصة في موضوع الصيغة لطالبات الصف الثاني في معهد دار الأخوة للبنات الثاني
Abstract
Pembelajaran shorof atau morfologi terkadang dianggap mudah dipelajari bagi pembelajar bahasa Arab tingkat pemula, sehingga mata pelajaran ini pun mulai diajarkan di kelas 2 SMP di berbagai sekolah, salah satunya di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Malang. Penelitian ini mebahas tentang strategi pembelajaran shorof dengan permainan susun kata yang disesuaikan dengan kurikulum dan buku ajar pondok tersebut, yaitu kurikulum KMI. Peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran dengan strategi susun kata pada materi shorf sighatul kalimat santriwati kelas 2 di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan strategi tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa catatan lapangan, foto, dokumentasi dan lain-lain. Penellitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan berdasarkan paradigma, strategi dan implementasi model secara kualitatif. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Susun Kata Pada Pembelajaran Shorf Sighatul Kalimat Santriwati kelas 2 di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 membawa pengaruh positif pada pembelajaran shorof. Dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan kesemangatan santriwati dalam belajar serta memberi inovasi baru bagi guru dalam menyampaikan materi dan mengambil evaluasi.