OPTIMIZING NAHWU LEARNING: COMBINATION OF ELECTRONIC AND CONVENTIONAL MIND MAPPING

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Nahwu melalui kombinasi strategi pembelajaran mind map elektronik dan konvensional. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Nahwu. Sebelum intervensi, tingkat kelulusan siswa hanya 55%. Kombinasi strategi pembelajaran pemetaan pikiran elektronik dan konvensional dirancang dan diterapkan di kelas untuk mengatasi masalah ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang melibatkan sekelompok siswa dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan selama beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran mind map secara elektronik dan konvensional meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Nahwu secara signifikan. Peningkatan tersebut terlihat dari tingkat penyelesaian yang meningkat menjadi 81% pada Siklus I dan 90% pada Siklus II. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan menerapkan aturan Nahwu. Selain itu, mereka menunjukkan peningkatan dalam keterampilan komunikasi lisan dan tertulis dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, kombinasi strategi pembelajaran mind map elektronik dan konvensional dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran Nahwu. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kualitas Nahwu.