تكوين بيئة اللغة العربية لدى الطلبة الفصل الأول لترقية مهارة الكلام في معهد الأنصار مانونجانج جولو مركزية بادنج سيدمبوان جنوب الشرقي بادنج سيدمبوان
Abstract
Pembentukan lingkungan Bahasa Arab ialah salah satu cara untuk membiasakan bahasa Arab, misalnya menghafal mufrodat dan berbicara bahasa Arab sesama santri, petugas dan juga guru-guru. Pondok pesantren Al-ansor melakukan kegiatan bahasa tersebut untuk membentuk lingkungan bahasa Arab. Pertanyaan penelitian bagaimana pembentukan lingkungan Bahasa Arab apakah masalahnya dan solusinya? Akan di jelaskan pada penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskriptif, dan alat pengumpulan dan analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data, triangulasi mendalam, observasi dan diskusi dengan teman untuk diambil validitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mereka menciptakan lingkungan tersebut dan apa permasalahannya serta cara mengatasinya di Pesantren Al-Ansor. Setelah penelitian sampailah pada cara mereka dalam menciptakan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah sebagai berikut: pemberian kosakata, pemberian mahfudzot, percakapan, majalah lukisan, ujian mingguan, dan mahkamah bahasa. Namun mereka memiliki kendala, kurangnya penggunaan bahasa Arab, kesulitan dalam membentuk kosakata dalam kalimat, takut berbicara bahasa Arab, dan latar belakang pendidikan siswa bervariasi. Dan cara untuk mengatasi masalah, siswa selalu perlu lebih banyak berlatih bahasa Arab, pelatih bahasa harus lebih aktif dalam menciptakan lingkungan bahasa Arab yang efektif.