المدخل التواصلي في تعليم اللغة العربية في الفصل الثامن في مدرسة مرضية إسلامية بانيابونجان
Abstract
AbstrakPembelajaran Bahasa Arab butuh sebuah pendekatan, khususnya pendekatan komunikatif. Masalah utama penelitian ini : siswa – siswa merasa kedulitan dalam berkomunikasi dalam bahasa arab, dan dalam pembelajaran belum dilaksanakan secara komunikatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan siswa – siswa berkomunikasi dengan bahasa arab dan mengetahui pembelajaran bahasa arab belum dilaksanakan secara komunikatif di kelas. Jenis penelitian ini kualitatif menggunakan data data lapangan dengan data deskriptif dalam bentuk penjelasan tertulis dan lisan. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, analisis data menggunakan triangulasi untuk mengambil validitasnya. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan observasi penulis diantara 13 poin – poin kesesuian pendekatan komunikatif 8 poin sudah diterapkan guru dan belum menerapkan 3 poin tersebut. Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap siswa diantara 13 poin – poin pendekatan komunikatif adalah 27, 85٪. Kata Kunci : Pendekatan Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Arab