Pembelajaran Active Learning dengan Metode Diskusi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari beberapa teori yang dikaji bahwa strategi active learning dengan metode diskusi memberikan pengaruh yang besar pada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar agama Islam khususnya pelajaran akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X yang beragama Islam berjumlah 262 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tentang motivasi belajar adalah angket sebanyak 30 item. Sedangkan instrumen pengumpul data tentang hasil belajar adalah tes sebanyak 35 item. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil perolehan uji t menggambarkan pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam, Karena X2hitung = 7,9382 > ttabel = 1,75. Selanjutnya hasil uji t juga menggambarkan pengaruh signifikan penerapan strategi active learning dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, kerena X2hitung=20,32>ttable=1,75