Teachers’ Teaching Styles To Match Students’ Learning Styles Of IAIN Padangsidimpuan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana para guru mencocokkan gaya mengajar mereka dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menyelidiki dan menggambarkan fenomena gaya guru dalam mencocokkan gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di IAIN Padangsidimpuan terhadap 10 kelas sebagai responden yang terdiri dari 222 siswa dan 10 guru. Untuk mengumpulkan data, kuesioner diberikan kepada siswa, wawancara dan observasi diberikan kepada guru. Kemudian, analisis data deskriptif diimplementasikan dalam menganalisis data yang dikumpulkan. Penelitian ini menemukan bahwa dari 222 siswa, 57 siswa adalah pelajar visual, 46 siswa adalah pelajar audio, 29 siswa adalah pelajar verbal dan 90 siswa adalah pelajar kinestetik. Sehubungan dengan gaya mengajar guru, terlihat bahwa hampir semua guru dianggap sebagai guru yang suka menyuruh siswa untuk membuat tugas otentik dan memberikan contoh terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa. Selanjutnya, untuk mencocokkan gaya peserta didik kinestetik, para guru menyediakan banyak permainan, untuk mencocokkan peserta didik visual para guru menggunakan banyak gambar, untuk mencocokkan peserta didik audio guru juga memberikan penjelasan lisan, akhirnya untuk mencocokkan peserta didik verbal para guru memberikan penjelasan tertulis di papan tulis. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa guru telah mencoba mencocokkan gaya mengajar mereka dengan gaya belajar siswa. Namun, sangat dianjurkan bagi para peneliti berikutnya untuk menyelidiki gaya mengajar guru dan kaitannya dengan prestasi siswa