Hasil Belajar Passing Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Media Visual

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan media visual terhadap hasil belajar passing tendangan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas VIII Di SMP Negeri 04 Monano Kabupaten Gorontalo Utara?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media visual terhadap hasil belajar passing tendangan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas VIII Di SMP Negeri 04 Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode Audio-Visual sebagai metode pembelajaran dalam tahap permainan sepakbola dimata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan satu siklus, ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal ketuntasan hasil teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 04 Monano meningkat dari 41.24 pada kondisi awal menjadi 66.88 pada akhir siklus I kemudian di lanjutkan ke siklus ke II dan meningkat menjadi 80.55 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Audio-Visual dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang positif untuk peningkatan teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola.