Pembelajaran Inovatif berbasis Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Anak

Abstract

Penggunaan aplikasi Quizizz di bidang pendidikan, merupakan upaya seorang tenaga pendidik dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.Aplikasi Quizizz ini adalah Platform online untuk mengembangkan permainan kuis interaktif yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik dan interaktif.Untukmeningkatkan partisipasi siswa dan mengarah pada peningkatan motivasi dan hasil belajar. Aplikasi ini mampu membuat lingkungan belajar menjadi lebih menarik, menghibur.Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bagaimana penggunaan program Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas (PTK) . Sumber data dari siswa kelas 2C SDN Ronggomulyo I Tuban Tahun Ajaran 2022/2023 Semester 2. Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan penilaian, serta analisis dan refleksi merupakan tahapan-tahapan dalam penelitian ini. Penelitian ini terdapat dua siklus penelitian yakni Siklus 1 dan Siklus 2. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: (a) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siklus I dengan menggunakan aplikasi Quizizz menghasilkan hasil belajar dari 28 siswa yang mengikuti, 19 diantaranya mendapat nilai hasil belajar di atas KKM dan 9 siswa masih di bawah KKM. KKM, dengan skor rata-rata 82.(b) Hasil siklus II diperoleh dari 28 siswa yang hadir, dengan skor rata-rata 87, dengan 23 di antaranya lebih dari KKM dan 5 siswa masih di bawah KKM. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan Quizizz untuk memperoleh pendidikan agama Islam memiliki efek positif.