Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar PKn siswa kelas IV sebelum dan sesudah model pembelajaran mind mapping diterapkan di SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, serta untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan tipe one group pre test and post test design dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SDN 2 Krasak di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari 30 siswa-siswi kelas IV SDN 2 Krasak, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Mind Mapping sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 2 Krasak. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara yang terhitung sejak 4 September 2023 sampai dengan 30 September 2023 pada Semester Gasal tahun ajaran 2023/ 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes yang meliputi pre test and post test yang dilakukan dengan membagikan lembar soal kepada peserta didik di kelas IV SDN 2 Krasak Kecamatan Bangsri Kabupaten jepara berjumlah 30 peserta didik untuk mendapatkan skor hasil pembelajaran model mind mapping pada mata pelajaran PKn. Perhitungan uji validitas dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus kolerasi product moment dengan perhitungan reliabilitas instrumen yaitu menggunakan rumus Alpha. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogrov-Smirnov. Uji homogen yang digunakan adalah metode Leven’s Test, serta uji hipotesis menggunakan Dependent Sample T-test. Hasil penerapan model pembelajaran mind mapping diperoleh data nilai posttest yang lebih tinggi dibanding pretest sehingga terdapat peningkatan. Data pretest maupun posttest juga berdistrisbusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa Ho ditolak maka Ha diterima. Perhitungan pengujian t antara pretest dan posttest yaitu thitung =27,459 dengan nilai sig (2- tailed) < 0,05. bisa disimpulkan bahwa pemakaian model pembelajaran mind mapping efektif terhadap hasil belajar pada mapel PKn kelas IV SDN 2 Krasak.