Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan belajar mandiri merupakan aspek kritis dalam pendidikan dasar yang membentuk dasar keberhasilan akademik dan kemampuan adaptasi peserta didik. Proyek P5 dengan tema kewirausahaan adalah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep kewirausahaan kepada peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini tujuannya mencari tahu implementasi projek P5 tema kewirausahaan terhadap kemandirian belajar sekolah dasar (SD). Kurikulum Merdeka P5 tema kewirausahaan adalah pendekatan pendidikan baru yang diperkenalkan dalam rangka dapat melatih peserta didik untuk lebih percaya diri pada tindakan untuk usahanya, dengan orientasi pada hasil yang baik untuk masa depan, bekerja keras berani mengambil resiko dan berpikir kritis dan mandiri. Penelitian ini diadakan memakai metode penelitian deskriptif kualititatif. Hasil penelitian didapat dari observasi, wawancara serta dokumentasi. Subjek penelitian yakni kepada kepala sekolah, wali kelas dan peserta didik kelas IV. Hasil penelitian implementasi projek P5 tema kewirausahaan terhadap kemandirian peserta didik kelas IV SD N 5 Kedungsari dilaksanakan dengan baik dan peserta didik sangat antusias mengikutinya. Selain itu menunjukkan adanya keterkaitan yang signifikan kemadirian peserta didik pada implementasi projek P5 tema kewirausahaan. Melalui sekolah peserta didik juga tidak hanya sekedar melakukan pengembangan hard skill namun mengembangkan soft skill juga yang sama pentingnya di kehidupan modern.