KAJIAN KITAB DAWÂUL QULÛB ILÂ ALLÂM AL-GHUYÛB UNTUK KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ADAB GURU DAN MURID

Abstract

Artikel ini bermaksud untuk mendeskripsikan pesan pesan pendidikan karakter, secara khusus terkait adab murid dengan guru yang terdapat dalam kitab Dawâul Qulûb Ilâ Allâm al-Ghuyûb karya Al-Syaikh Ahmad Khatib Langgien Al-‘ Asyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter  terutama kaitannya dengan adab murid dan guru perlu diimplementasikan melalui beberapa kebijakan. Pertama, menyusun kebijakan baru terkait dengan penggunaan sumber sumber otoritatif karya ulama untuk menjadi sumber utama dalam penguatan pendidikan karakter. Kedua, mengembangkan kegiatan pengkajian karya ulama klasik dan menghimpunnya sesuai tema pendidikan karakter.  Ketiga, menggalakan kegiatan cetak ulang atau penerjemahan kitab kitab karya ulama terkaitilmu dan karakter yang relevan dengan spirit religious dan kebangsaan. Keempat, mengembangkan program pelatihan penguatan pendidikan karakter bagi guru-guru dengan sumber wawasan dari kitab para ulama.