PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA TERINTEGRASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter mahasiswa pada pendidikan bahasa Indonesia terntegrasi meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR) bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua kajian dan penelitian yang relevan dengan fenomena yang menarik dengan pertanyaan penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia secara menyeluruh telah mengimplementasikan nilai-nilai karakter berdasarkan RPS yang dibuat dengan bahasa Indonesia meliputi penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Faktor pendukung untuk integrasi penguatan karakter pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dengan lingkungan kampus, interaksi antar mahasiswa, pihak kampus membuat poster-poster terkait dimensi-dimensi karakter dan pihak pengajar bisa menjadi tauladan dan menjelaskan maksud dari poster-poster tersebut.