MOTIVASI PEKERJA OJEK KONVENSIONAL DALAM PERSAINGAN BISNIS TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA JASA OJEK PANGKALAN DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG)
Abstract
ABSTRAK Ojek adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor. Belumlama ini muncul sebuah terobosan baru dalam hal transportasi umum, yaitu ojek online yang bisadipesan melalui smartphone. Para pengguna ojek konvensional yang berpindah ke ojek onlinemembuat para tukang ojek konvensional mengeluh. Rumusan masalah penelitian ini adalahbagaimana motivasi pekerja ojek konvensional dalam menghadapi persaingan bisnis transportasi. Penelitian ini dilakukan di pangkalan-pangkalan ojek di kecamatan Ngaliyan. Fokus yangakan diteliti oleh peneliti adalah para tukang ojek konvensional di wilayah kecamatan Ngaliyan.Wawancara dilakukan terhadap lima orang tukang ojek konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kompensasi, komitmen, dan lingkungan kerja mempengaruhi motivasi pekerja ojek konvensional dalam mempertahankan pekerjaannya dandapat menghadapi persaingan bisnis transportasi. Semakin memadai kompensasi yang diterima,komitmen organisasi yang tinggi, dan lingkungan kerja yang baik maka pekerja semakintermotivasi untuk mempertahankan pekerjaannya.Kata kunci: kompensasi, komitmen, lingkungan kerja, motivasi