PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN COUNTER HANDPHONE

Abstract

Smartphone tidak lagi dipandang sebagai barang mewah, gaya hidup masyarakat modern ini membuat smartphone menjadi salah satu kebutuhan untuk berkomunikasi sehingga pertumbuhan bisnis counter handphone semakin ketat khususnya di kota semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada counter handphone Bintang Mas Seluler Semarang.Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research yaitu penelitian berdasarkan hubungan kausalitas antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bintang Mas Seluler Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan metode purposive sampling dengan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Jenis data menggunakan data primer dan sekunder, primer yaitu kuesioner, wawancara dan sekunder yaitu jurnal, buku yang terkait. Pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bintang Mas Seluler Semarang dari ketiga variabel bebas tersebut nilai koefisien yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel persepsi harga, pelanggan menilai persepsi harga yang ditawarkan oleh Bintang Mas Seluler Semarang baik. Penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 83,1%, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.