KONTRIBUSI PENGETAHUAN PRODUK HALAL, RELIGIUSITAS DAN SIKAP DALAM PEMBENTUKAN NIAT BELI

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengetahuan tentang produk halal yang digunakan dapat meningkatkan niat pembelian konsumen muslim terhadap pizza hut di kota Semarang. Tujuan penelitian iniadalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pengetahuan produk halal, religiusitas dan sikap terhadapniat membeli konsumen. Populasi serta sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 konsumenMuslim yang tertarik dengan produk pizza hut. Data rasio penelitian diperoleh dari kuesioner dan observasi.Analisis data menggunakan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan produkhalal, religiusitas dan sikap secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Berdasarkan analisis datahanya pengetahuan produk halal sikap tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sikap dalam penelitian inidianggap sebagai variabel intervening.Kata kunci: pengetahuan produk halal, religiusitas, sikap, dan niat membeli