PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan di Bengkel Yoko Motor Semarang.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Pengujian data yang digunakan meliputi uji validitas dengan membandingkan r hitung dan r tabel, uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikoloneritas, uji heteroskeditas. Uji analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Dan uji hipotesis dengan uji t, koefisien determinasi (R2 ).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Yoko Motor Semarang. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor kualitas pelayanan, kepercayaan dan persepsi harga adalah hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan agar lebih baik lagi demi tercapai tujuannya.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Persepsi Harga, Loyalitas Pelanggan