PENGARUH IDOL KPOP SEBAGAI BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE LEMONILO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness terhadap keputusan pembelian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner yang melalui googleform. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang diteliti sebanyak 110 responden. Analisis data yang digunakan diantara lain analisis deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan tidak signifikan dari variabel Brand Ambassador terhadap variabel keputusan pembelian dan terdapat pengaruh secara positif dan tidak signifikan dari variabel brand image terhadap variabel keputusan pembelian. Lain halnya variabel Brand Awareness memberikan pengaruh secara negatif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan dapat lebih memperhatikan dan berupaya dalam mempertahankan serta meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek konsumen terhadap produk-produk agar konsumen menjadikan merek tersebut sebagai pilihan utama ketika ingin membeli produk mie.Kata Kunci : Brand Ambassador; Brand Image; Brand Awareness; Keputusan Pembelian