KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE (Pada Marketplace Tokopedia Situs www.tokopedia.com/klikbarcode)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sudah merambah ke segala sisi kehidupan manusia membuat banyak orang yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang berbau ekonomi. Teknologi dan kecanggihan internet saat inibenar-benar membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satunya dalam transaksi perdagangan. Klikbarcode merupakan seller pada Marketplace situs www.tokopedia.com/klikbarcode. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengalaman bertransaksi online, faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan serta mengalisis kendala dan caramenghadapinya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data triangulasi sumber yaitu wawacara, observasi, dokumentasi kemudian triangulasi metode dan narasi data. Pengambilan sampel dengan purposive sampling sebanyak 4informan.Hasil dari penelitian ini ada 6 faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Marketplace Tokopedia situs www.tokopedia.com/klikbarcodeyaitu: kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, kecepatan kirim, Tokopedia sebagai tempat pendistribusian dan promo seperti gratis ongkir, cashback. Serta kendala/complain bertransaksi online yaitu produk rusak/bermasalah.Kata   kunci:E-Commerce,BauranPemasaran,Kualitas pelayanan, Kepuasanpelanggan.