PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Abstract

Perkembangan food and baverage semakin meningkat seiring bertambah tinggi tingkat persaingan, sehingga bagi para pebisnis dibidang food and baverage perlu untuk memperhatikan faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen. karena ketika konsumen merasa puas dengan sebuah produk dia akan kembali untuk membeli produk yang sama. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Populasi penelitian adalah para pelanggan di burjo titik kumpul semarang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 80 responden untuk menjawab pernyataan pada kuesioner yang dibagikan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS, pengujian yang dilakukan diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas, lolos uji asumsi klasik, uji t, uji simultan, dan terakhir uji koefesien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial adanya pengaruh kualitas produk  terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh  terhadap kepuasan pelanggan  dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. berdasarkan uji simultan variabel kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. berdasarkan uji koefisien determinasi variabel  kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 69,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini