REBRANDING DAN UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Pasca pandemi Covid-19 telah terjadi pergeseran perilaku masyarakat secara umum, termasuk perilaku konsumen yang disebabkan pembatasan kegiatan masyarakat secara global selama lebih dari 2 tahun. UMKM sebagai salah satu yang terkena dampak paling berat, harus dapat segera menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, rebranding adalah salah satu pilihan terbaik agar dapat menempatkan kembali perusahaannya pada posisi yang tepat dan dapat membantu keluar dari krisis, sesuai tujuan dari rebranding. Rebranding dapat meningkatkan brand equity, yaitu nilai merek dimata konsumen, dengan demikian sangat perlu meningkatkan brand equity, yang pada akhirnya dapat membantu mengembalikan loyalitas pelanggan dan bahkan dapat menambah pelanggan baru. Proses relaunching yang dilakukan dengan efektif dapat tersampaikan dengan utuh kepada publik dengan cara publikasi melalui media online dikarenakan saat ini hampir semua orang sudah memiliki perangkat pribadi dan paham media online, sehingga relaunching dapat tersampaikan secara langsung. Dengan rebranding yang dilakukan, sesuai tujuannya, maka diharapkan loyalitas pelanggan dapat terjaga dan ditingkatkan bahkan dapat menarik pelanggan baru.Kata Kunci :Rebranding; Brand Equity; Loyalitas Pelanggan