PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA TOKO DEVA ELEKTRONIK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penerapan strategi kualitas produk dan penetapan harga pada Toko Deva Elektronik, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari strategi tersebut. Di dalam penelitian ini, mencari informasi mengenai manfaat penerapan strategi kualitas produk dan penetapan harga, faktor pendukung dan penghambat di dalam penerapan kualitas produk dan penetapan harga pada Toko Deva Elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Dengan partisipan yang berjumlah 5 orang, yang terdiri dari 1 pemilik Toko, 1 karyawan Toko, dan 3 pelanggan atau konsumen Toko. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi kualitas produk dan penetapan harga pada Toko Deva Elektronik memiliki manfaat sebagai berikut : 1. Peningkatan penjualan dan pendapatan, 2. Peningkatan jumlah konsumen, 3. Meluasnya lingkup jangkauan pasar. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi adalaah sebagai berikut : Faktor Pendukung antara lain : 1. Kualitas produk yang ditawarkan , 2. Harga yang bervariasi, 3. Kelengkapan Produk. Faktor Penghambat antara lain : 1. Penjual harus komunikatif terhadap pembeli, 2. Banyaknya barang retur. Terdapat banyak manfaat dari penerapan strategi kualitas produk dan penetapan harga pada Toko Deva Elektronik, jika dibandingkan dengan kedalanya, sehingga bisa dikatakan bahwa penerapan strategi ini bisa dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan pasar. Kata kunci : Kualitas Produk; Penetapan Harga; Manfaat kualitas produk dan penetapan harga.