ANALISIS PERSEPSI RESIKO E-COMMERCE DAN WEBSITE QUALITY DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PELANGGAN DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PRODUK FASHION DI KOTA SEMARANG

Abstract

E-commerce adalah jenis mekanisme bisnis elektronik yang berfokus pada transaksi bisnis berbasisindividu dengan menggunakan internet sebagai media untuk bertukar barang atau jasa. Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis pengaruh persepsi risiko E-commerce dan kualitas situs web dalam meningkatkanpartisipasi pelanggan dengan tingkat kepercayaan sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah pembeli produk fashion di Semarang dengan sampel 96 responden.Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, hasil yang diperoleh adalah bahwa persepsi risikoE-commerce berpengaruh negatif terhadap tingkat kepercayaan konsumen. Semakin tinggi risiko yang dihadapioleh konsumen, semakin rendah tingkat kepercayaan. Sementara kualitas situs web juga memiliki efek negatifpada tingkat kepercayaan. Semakin menarik tampilan produk di situs web, semakin rendah tingkat kepercayaankonsumen. Hal ini disebabkan kekhawatiran konsumen bahwa produk yang akan dibeli ternyata tidak sepertiyang ditawarkan di situs web. Sedangkan tingkat kepercayaan berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasipelanggan.Kata kunci: persepsi risiko, kualitas situs web, tingkat kepercayaan, partisipasi pelanggan