ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA UKM PREMIUM PLUS LAUNDRY CABANG MULAWARMAN SEMARANG

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Premium Plus Laundry Cabang Mulawarman Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) usaha Premium Plus Laundry Cabang Mulawarman, Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Tenik analisis yang digunakan yaitu triangulasi sumber, medote dan narasi data. Pemilihan informan didasarkan pada prinsip kesesuaian dan kecukupan. Sebanyak 6 orang informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan usaha terdiri dari adanya segmentasi pasar yang baik, kualitas pelayanan yang memuaskan, desain packaging yang praktis, pelayanan tambahan (Parfum premium), distribusi gratis, lokasi strategis. Sedangkan kelemahan usaha tersebut antara lain pengetahuan teknologi kurang, SDM tidak memadai, distribusi tidak tepat, dan efesiensi waktu kurang. Peluang usaha terdiri dari lokasi usaha yang strategis, networking, perkembangan teknologi, berubahnya gaya hidup masyarakat, perubahan cuaca.Selanjutnya ancaman usaha tersebut terdiri dari tingkat persaingan tinggi dan loyalitas konsumen rendah.  Kata Kunci: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman