PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE DI SEMARANG
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang implementasiperilaku konsumen dalam menggunakan jasa transportasi ojek online Go-Jek di Semarang. Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposivesampling dan snowball sampling, dengan kriteria: 1) Informan merupakan pengguna smartphone, 2)Informan memiliki aplikasi Go-Jek pada smartphone mereka, 3) Informan pernah menggunakanlayanan di aplikasi Go-Jek, 4) Berusia 19 tahun keatas, karena usia tersebut dinilai sudah cukupmampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah. Informan pada penelit ianini berjumlah lima orang. Secara lebih spesifik, kelima informan yang dipilih dalam penelit ian iniadalah informan yang memiliki jumlah frekuensi penggunaan layanan jasa transportasi ojek onlineGo-Jek yang berbeda, hal itu dimaksudkan agar informan mempunyai sudut pandang dan keunikan tersendiri. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisadata yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constantcomparative method. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalahtriangulasi sumber. Dari kelima informan, diketahui bahwa salah satu informan menjadi triangulasisumber adalah Veronica Mutisari, karena sudah menggunakan layanan jasa Go-Jek lebih darisetahun. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa menurut informan, perilaku konsumendalam menggunakan jasa transportasi ojek online Go-Jek di Semarang dipengaruhi oleh faktorinternal yang meliputi: 1) Pekerjaan; 2) Gaya hidup; 3) Pengalaman masa lalu; dan 4) Rasa suka,sedangkan faktor internal yang tidak mempengaruhi terdiri dari: 1) Usia; 2) Pendidikan; 3) Sifatatau Kepribadian. Selain itu juga, ditemukan bahwa perilaku konsumen dalam menggunakan jasatransportasi ojek online Go-Jek juga dipengaruhi faktor eksternal yaitu 1) Teman; 2) Promosi; 3)Harga; dan 4) Ketersediaan layanan, sedangkan faktor eksternal yang tidak mempengaruhi ialah: 1)Keluarga; 2) Status sosial; 3) Budaya; 4) Asuransi kecelakaan. Kata kunci: perilaku konsumen, faktor internal, faktor eksternal, jasa transportasi, Go-Jek.