PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK KCP KENDAL BOJA
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19, jumlah tabungan di bawah Rp 200.000.000 mengalami penurunan yang cukup dalam sebesar 25%. Hal ini diduga dipengaruhi oleh kualitas produk, kualitas layanan dan kepercayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap minat menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Kendal Boja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 96 nasabah aktif PT Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Kendal Boja yang telah menjadi nasabah lebih dari 2 tahun. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik dilihat dari uji multikolonieritas diketahui tidak terjadi efek multikolonieritas pada variabel bebas, pada uji heteroskedastisitas dari uji Glejser dapat dinyatakan data telah terdistribusi acak dan berdasar uji normalitas menunjukkan data telah terdistribusi secara normal yang dilihat dari nilai signifikansi (Asymp.sig) sebesar 0,734 > 0,05. Hasil uji hipotesis berdasar analisis regresi berganda dijelaskan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung Nasabah di bank Mandiri Tbk. KCP Kendal Boja.