STUDI SOFT SKILL LULUSAN PENDIDIKAN KEJURUAN DI TEMPAT KERJA
Abstract
Lulusan pendidikan kejuruan dilengkapi dengan banyak keterampilan teknis yang diperlukan untuk memasuki lingkungan kerja. soft skill juga dianggap penting tetapi seringkali diabaikan pentingnya oleh institusi pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya soft skill seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, memperoleh pengetahuan baru dan manajemen informasi, untuk lulusan pendidikan kejuruan di tempat kerja mereka dan apakah gender, tipe industri dan posisi saat ini memainkan peran dalam mendiferensiasi kemampuan soft skill. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif melalui pendistribusian kuesioner kepada lulusan pendidikan kejuruan di Jawa Tengah. Respons kemudian dianalisis secara statistik menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada sedikit korelasi yang ditemukan antara gender dan keterampilan berpikir kritis lulusan pendidikan kejuruan. Sementara jenis kelamin tidak menunjukkan adanya korelasi dengan pemecahan masalah, memperoleh pengetahuan baru dan manajemen informasi. Selain itu, juga tidak ada korelasi yang ditemukan antara jenis industri dan posisi saat ini dengan keempat jenis soft skill yang diuji dalam penelitian ini. Hal ini menyimpulkan bahwa hanya gender dan kemampuan berpikir kritis yang menunjukkan korelasi satu sama lain, sedangkan latar belakang demografis lainnya yaitu jenis industri dan posisi saat ini yang dipegang oleh lulusan tidak mempengaruhi kemampuan soft skillmereka di tempat kerja. Kata kunci: lulusan, pendidikan kejuruan, soft skill, tempat kerja