PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA TOKO PERTANIAN UD. DIGMA TANI)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya target penjualan bulan November 2018 sampai Oktober 2019. Tujuan penelitiar ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepoasan pelanggan melalui keputusan pembelian di UD. Digma Tani. Sampel penelitian sebanyak 63 orang, dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan variabel X yaitu kualitas pelayanan dan promosi dan variabel Y yaitu keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, promosi, dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan, juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian. koefisien determinasi yang pertama diperoleh nilai Adjusted R2sebesar 0,56 yang berarti bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, dan promosi sebesar 56%. Sedangkan sisanya 44% dijelaskan oleh variabel lain diluar model yang diteliti. Koefisien determinasi yang kedua diperoleh nilai Adjusted R2sebesar 0,591 yang berarti bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, dan promosi sebesar 59, 1%. Sedangkan sisanya 40,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar model yang diteliti.