PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW

Abstract

Produk kecantikan atau perawatan kulit merupakan produk perawatan diri untuk meningkatkan rasa percaya diri, khususnya bagi masyarakat modern. Seiring waktu, perawatan kulit telah menjadi bagian penting dari kebutuhan pria maupun wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian produk MS Glow di Kota Semarang.Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research yaitu penelitian berdasarkan hubungan kausalitas antar variabel. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen MS Glow di Kota Semarang yang tidak diketahui jumlahnya, Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden menggunakan teknik pengambilan sampel non random sampling dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Jenis data menggunakan data primer seperti wawancara, kuesioner dan sekunder seperti jurnal, buku. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for windows versi18.Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Kota Semarang. Pengaruh dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian dalam penelitian ini adalah variabel Word Of Mouth. Terdapat nilai koefisien determinasi sebesar 15,1%, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Variabel Word Of Mouth dan Citra Merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.