PENGARUH RETURN ON ASSETS, RETURN ON EQUITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Abstract

Nilai perusahaan dapat menentukan arah dan kinerja perusahaan. Nilai perusahaan dapat mempengaruhi persepsi investor dalam menilai sebuah perusahaan sebelum menginvestasikan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return On Assets terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Makanan dan Minuman, Return On Equity terhadap Nilai Perushaan pada Sektor Makanan dan Minuman dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perushaan pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021 baik secara parsial maupun simultan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021. Sampel sebanyak 7 perusahaan dan data pengamatan selama 5 tahun, sehingga diperoleh 35 data yang akan diolah dan di analisis. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, pertama dengan uji asumsi klasik, kemudian uji t digunakan untuk uji parsial dan uji hipotesis, kemudian uji f untuk uji simultan, dan terakhir uji koefesien determinasi untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh variabel Return On Assets berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel Return On Equity berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan uji F atau uji simultan diperoleh bahwa semua variabel X yaitu Return On Assets, Return On Equity dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama dapat mempengaruhi variabel Y yaitu nilai perusahaan. Berdasarkan Uji Koefisien determinasi variabel nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel Return On Assets, Return On Equity dan Ukuran Perusahaan sebesar 91,5% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian iniĀ