PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPIMA AJA

Abstract

Saat bisnis ritel di Indonesia baik itu bisnis ritel modern maupun tradisional sangat banyak. Toko Kopima Aja merupakan bisnis ritel yang sudah berbadan hukum pada tanggal 30 Juni 1998 dan dikelola oleh mahasiswa atau lebih tepatnya dikelola oleh UKM Kopima Universitas Semarang. Tetapi untuk membuat calon konsumen tertarik untuk mengambil keputusan pembelian bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu diperlukan strategi yang tepat untuk menarik konsumen agar melakukan transaksi. Diantaranya dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu kualitas pelayanan (X1), kelengkapan produk (X2) dan harga (X3) sehingga terjadi keputusan pembelian (Y).   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penerapan strategi kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kopima Aja . Responden yang dipilih adalah konsumen yang datang berbelanja dengan menggunakan metode accidental sampling, dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data   menggunakan   metode   analisis regresi   linier   berganda   dengan   menggunakan   uji   t   dan   uji   f   untuk   pengujian hipotesis.   Hasil   penelitian   membuktikan   bahwa   secara   simultan   kualitas   pelayanan,   kelengkapan   produk   dan harga secara keseluruhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kopima Aja . Penelitian   untuk   variabel   kualitas   pelayanan   secara   parsial   berpengaruh   positif dansignifikan   terhadapkeputusan   pembelian.   Variabel   kelengkapan   produk   secara   parsial   berpengaruh   positif   dan   signifikan   terhadap keputusan   pembelian.   Variabel   harga   secara   parsial   berpengaruh   positif   dan   signifikan   terhadap   keputusan pembelian. Dengan   demikian   perusahaan   dapat   meningkatkan   keputusan   untuk membeli di Toko Kopima Aja .