PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPIMA AJA
Abstract
Saat bisnis ritel di Indonesia baik itu bisnis ritel modern maupun tradisional sangat banyak. Toko Kopima Aja merupakan bisnis ritel yang sudah berbadan hukum pada tanggal 30 Juni 1998 dan dikelola oleh mahasiswa atau lebih tepatnya dikelola oleh UKM Kopima Universitas Semarang. Tetapi untuk membuat calon konsumen tertarik untuk mengambil keputusan pembelian bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu diperlukan strategi yang tepat untuk menarik konsumen agar melakukan transaksi. Diantaranya dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu kualitas pelayanan (X1), kelengkapan produk (X2) dan harga (X3) sehingga terjadi keputusan pembelian (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penerapan strategi kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kopima Aja . Responden yang dipilih adalah konsumen yang datang berbelanja dengan menggunakan metode accidental sampling, dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji f untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan kualitas pelayanan, kelengkapan produk dan harga secara keseluruhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kopima Aja . Penelitian untuk variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dansignifikan terhadapkeputusan pembelian. Variabel kelengkapan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan keputusan untuk membeli di Toko Kopima Aja .