Langkah Kerja Jurnalistik Public Relations Organisasi Dakwah

Abstract

Public relations penting tidak hanya untuk organisasi bisnis tapi juga organisasi dakwah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan publikasi kegiatan dengan instrumen pemberitaan melalui jurnalistik public relation. Masalahnya kajian terkait hal tersebut belum banyak diulas, kajian jurnalistik hari ini banyak berkaitan dengan pemberitaan peristiwa penting untuk menjawab kebutuhan informasi khalayak. Tulisan ini bertujuan untuk menggagas langkah-langkah dasar pembuatan jurnalistik public relation untuk organisasi dakwah. Menggunakan metode kualitatif teoritis basic research, dengan dengan cara melakukan sisntesis antara teori jurnalistik, teori public relation dengan konsep organisasi dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pembuatan berita untuk public realtion organisasi dakwah tidak berbeda jauh dengan berita untuk media massa. Yakni memilih peristiwa, menetapkan sudut pandang, menggali data, menyusun kerangka dan menulis. Perbedaanya adalah jurnalistik public relation organisasi dakwah memilih peristiwa yang berkaitan dengan organisasi dakwah, memilih sudut pandang, menggali data, menyusun kerangka dan menyajikan berita, semuanya diarahkan untuk mencapai tujuan public relation organisasi dakwah.   Abstract: Public relations is important not only for business organizations but also da'wah organizations. One way that can be done is to publish activities with reporting instruments through public relations journalism. The problem is that studies related to this matter have not been widely reviewed, jurnalisic studies today are mostly related to reporting on important events to answer the information needs of the public. This paper aims to initiate the basic steps of making public relations journalism for da'wah organizations..Using qualitative basic research theoretical methods, by means of synthesizing jurnalisic theory, public relations theory with the concept of da'wah organization. The results of the study show that the steps for making news for the public relations of da'wah organizations are not much different from news for the mass media. Namely choosing events, setting points of view, digging data, compiling frameworks and writing. The difference is that the jurnalisic public relations organization of the da'wah chooses events related to the da'wah organization, chooses a point of view, explores data, compiles a framework and presents the news, all of which are directed towards achieving the goals of the da'wah organization's public relations. Keywords: Journalism, Public Relations, Da'wah Organization