Teknik Komunikasi Persuasif Aa Gym Melalui YouTube dalam Mengajak Kebiasaan Baru pada Awal Pandemi Covid-19 di Indonesia

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang teknik komunikasi persuasif Aa Gym yang merupakan salah satu dai yang cukup aktif mengedukasi pada konteks awal pandemi Covid-19. Ketika awal sosialisasi kebiasaan baru, semua kegiatan termasuk kegiatan beribadah dilaksanakan di rumah saja. Ajakan beribadah di rumah saja pada saat pandemi Covid-19 ini tidak mudah dilakukan bagi umat Islam yang sudah terbiasa melakukan ibadah bersama di masjid. Pijakan teori yang digunakan adalah teori teknik komunikasi persuasif Onong U. Effendy. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan studi dokumen. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan observasi channel resmi Aagymofficial di media sosial YouTube. Hasil studi menunjukkan Aa Gym menggunakan empat teknik komunikasi persuasif dari lima teknik yang dikemukakan Effendy. Dari teknik tersebut penggunaan teknik yang mendominasi adalah teknik integrasi yang selalu digunakan pada video yang tayang diawal pandemi Covid-19 tersebut. Teknik integrasi dianggap paling sesuai dengan konteks awal pandemi yang sifatnya baru dan berimbas pada seluruh elemen masyarakat. Spesifiknya pada konteks ini persuade dan persuader sama-sama menghadapi situasi baru dan harus segera beradaptasi dengan kebiasaan baru. Sehingga kedepan jika menjumpai situasi yang mirip pengguanaan teknik integrasi ini sangat disarankan.