Psikologi Komunikasi dalam Komunikasi Dakwah

Abstract

Komunikasi dakwah memerlukan pertimbangan kondisi psikologis dari semua faktor yang terlibat dalam komunikasi, mulai dari psikologi komunikator, psikologi komunikan, sampai psikologi pesan. Dakwah menyampaikan tentang ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin akan jauh lebih efektif diterima jika disesuaikan dengan kondisi psikologis. Melalui metodologi kualitatif dengan systematic literature review, yang di kumpulkan dari 6 jurnal dengan penelitian empiris menghasilkan beberapa hal yang bisa dipetakan. Psikologi komunikasi terdapat beberapa unsur yang penting yaitu psikologi komunikator yaitu mulai kredibilitas, moralitas, pengalaman atau jam terbang, teknik komunikasi, pengetahuan keagamaan. Psikologi Komunikan yaitu kondisi secara umum komunikan yang mempengaruhi persepsi dan perasaan dalam menerima komunikasi dakwah pengetahuan, nilai-nilai, kebutuhan, kebudayaan yang melatarbelakanginya. Psikologi pesan diksi, yang mudah dipahami, dimengerti, menarik perhatian, dalam proses komunikasi dakwah, dan yang terakhir adalah tujuan komunikasi dakwah yaitu efektif mudah dimengerti, dipahami, perhatian, dan sampai merubah perilaku. Temuan lain yaitu pada teknik komunikasi dakwah untuk lebih efektif ada beberapa yaitu pola komunikasi, prinsip komunikasi, dan beberapa alternative cara penyampaian.