Karakteristik Program Radio dalam Penyampaian Pesan Dakwah

Abstract

Artikel ini menjawab persoalan terkait karakteristik program radio untuk tujuan dakwah. Dalam komumunikasi massa, penggunaan media mutlak dibutuhkan, mengingat massa sangat besar baik secara jumlah dan sebaran, sehingga dai tidak memungkinkan menyampaikan pesan secara langsung. Salah satu media komunikasi massa adalah radio. Kemunculan televisi dan media internet sempat diperkirakan membuat radio ditinggalkan oleh pendenganya yang berpotensi beralih ke media digital. Tapi nyatanya tidak. Sampai saat ini radio masih menjadi preferensi bagi para pendengarnya. Tidak terkecuali fungsi radio untuk menyampaikan pesan dakwah. Saat menjadi media dakwah, program radio memiliki karakteristik yang khas, mulai dari sistematika atau urutan acara, diksi yang digunakan, sapaan dari penyiar ke pendengar, pemilihan iklan, dan tentunya tema dakwah yang termuat dalam setiap programnya. Artikel ini menggunakan teori manajemen penyiaran dan teori-teori terkait komunikasi dakwah. Untuk menjawab rumusan masalah dalam artikel, digunakan jenis penelitian pustaka dan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasilnya yaitu karakteristik program radio untuk menyampaikan pesan dakwah antara lain ada pada aspek paralinguistik, diksi yang sesuai, pesan verbal yang cenderung lengkap, interaksi dengan pendengar yang seimbang, good voice, dan iklan yang tidak bertentangan dengan nilai dakwah. Semua karakterisik tersebut disesuaikan dengan jenis radio, jenis program radio, target komunikan/ pendengar dan jenis pesan dakwah