METODE PENDIDIKAN PRESPEKTIF MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI
Abstract
Tujuan penelitian ini, ingin mengetahui konsep, metode dan relevansi pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftip dengan menggunakan studi pustaka (library research). Hasil penelitian ini Konsep pendidikan islam Athiyah Al-Abrasyi dalam kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah Wafalasifatuha pendidikan Islam memeliki prinsip kebebasan dan kesempatan yang sama dalam pembelajaran. Metode yang ditawarkan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi yaitu: (1) Tidak ada pembatasan umur (2) Tidak ada batasan lamanya belajar (3) Berbedanya cara yang digunakan dalam memberikan pelajaran; (4) Dua ilmu jangan dicampur adukan (5) Menggunakan contoh yang dapat dicapai dengan panca indera (6) Memperhatikan pembawaan anak dalam beberapa mata pelajaran (7) Memulai dengan pelajaran bahasa arab kemudian pelajaran al-Qur’an; (8) Pengertian terhadap pembawaan insting anak-anak (9) Permainan dan hiburan; (10) Mendidik perasaan. Selanjutnya Relevansi Pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dan Pendidikan Nasional tidaklah semata-mata hanya pembelajaran di dalam kelas, tetapi bagaimana cara peserta didik mendapat sesuatu hal yang baik dari proses pembelajaran, seperti kedekatan psikologis dan emosional antara guru dan peserta didik.