PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN MELALUI METODE AT-TANZIL DI RA MAMBA AL-ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran baca tulis al-Quran pada pendidikan anak usia dini di RA Mamba al-Ulum Bata-Bata dengan menggunakan metode At-Tanzil yang juga dikembangkan dengan kelas tahfidz. Metode At-Tanzil ini adalah merupakan sebuah cara cepat dan praktis dalam belajar baca tulis al-Quran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendeketan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian case study research (studi kasus). Penelitian ini digunakan agar supaya peneliti bisa menganilis kualitas pendidikan Ra Mamba al-Ulum Bata-Bata yang dikenal dengan metode At-Tanzil, yang pada saat ini metode At-Tanzil sudah terbukti kepada mayarakat akan kemudahan untuk cepat membaca Al-Quran. Hasil penelitian dalam materi At-Tanzil, yaitu: Pada Juz I penekanannya di huruf Khalqiah. 1) Pada Juz II penekannya mengenal harkat. 2) Pada Juz III penekanannya yaitu mengenal huruf sukun. 3) Pada Juz IV penekanannya yaitu praktek dengung. 4) Pada Juz V Penekanannya di fokuskan pada qolqolah. 5) Pada Juz VI penekanannya yaitu cara membaca waqhof ibtida. 6) Pada tingkat Tahfidz Penekanannya yaitu setoran juzamma dan membaca dengan tartil. Adapun dalam proses pembelajaran At-Tanzil menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajarannya di bentuk sambil bermain, bahkan guru harus lucu untuk bisa menarik perhatian siswa. 2) Metode pembelajarannya menggunakan Klasikal dan Tanya Jawab. 3) Adanya setoran hafalan materi dan Juzamma di tingkat Tahfidz. 4) Adanya penerapan tartil. Sedangkan hasil pebelajaran At-Tanzil adalah a) Pada tingkat juz I siswa dapat membaca sambungan huru hijaiyah. b) Siswa kalau sudah nyampek juz III dapat membaca ayat pendek dan mempraktekkan huruf sukun dengan baik. c) Sampai di Juz VI siswa dapat membaca ayat Al-Quran dengan baik (sesuai degan kaidah ilmu tajwid) serta cara membaca untuk memulai dan berhenti pada tengah kalimat. d) Pada tingkat Tahidz siswa sudah bisa membaca Ayat Al-Quran dengan bertartil serta dapat menentukan hukum bacaannya dan hafal minimal juz amma.