INOVASI PENILAIAN PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DI MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO

Abstract

Penilaian pembelajaran sebagai pertimbangan proses pembelajaran, laporan kepada orang tua dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan perkembangan teknologi berupa Rapor Digital Madrasah (RDM). Sebagai aplikasi yang baru diluncurkan dan terbatas pada madrasah dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia saja, RDM masih memiliki beberapa kendala dalam pengoperasiannya, salah satunya adalah faktor sumberdaya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi penilaian pembelajaran melalui aplikasi RDM di lingkup Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MI Islamiyah Syafiiyah Gadrirojo. Subjek penelitian ini elemen madrasah yang memupunyai kepentingan dalam proses penilaian hasil belajar. Objek penelitian ini adalah inovasi dalam penilaian pembelajaran melalui RDM. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi yang dilakukan dalam penilaian pembelajaran melalui RDM dengan menyediakan blangko penilaian sesuai tampilan aplikasi RDM serta membuat tahapan dalam pengoperasian RDM yang diikuti oleh seluruh guru, kepala sekolah dan operator madrasah.