DETERMINAN MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD & STAPLES RETAILING AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Variabel Profitabilitas diukur menggunakan Return on Assets (ROA). Leverage diukur menggunakan Debt on Assets Ratio (DAR), dan Ukuran Perusahaan diukur menggunakan Log Natural (Ln). Sedangkan Manajemen Laba diukur dengan menggunakan Akrual Diskresioner (DAC). Penelitian menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan diperoleh dari website resmi BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Food & Staples Retailing and Beverage di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Terdapat 60 laporan keuangan dengan jumlah populasi 12 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 27 sebagai alat uji. Variabel Profitabilitas (X1) diperoleh thitung = 1.772 < ttabel = 2,00324 dengan nilai signifikasinya 0,082 > 0,05, dengan demikian variabel profitabilitas (X1) tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Variabel Leverage (X2) diperoleh thitung = 1.468 < ttabel = 2,00324 dengan nilai signifikasinya 0,148 > 0,05, dengan demikian variabel Leverage (X2) tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba.  Variabel ukuran perusahaan (X3) diperoleh thitung = -2,228 < ttabel = -2,00324 dengan nilai signifikasinya 0,03 < 0,05, dengan demikian variabel Leverage (X2) tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Pada uji Simultan (F) Fhitung = 4,198 > Ftabel = 2,525 dengan nilai signifikasi 0,09 > (α) = 0,05 dengan demikian variabel Profitabibilitas, Leverage dan Ukuran perushaan secara simultan tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba.