METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI/SD: STUDI ANALISIS
Abstract
Penelitian ingun pendeskripsikan langkah, kendala dan peran metode brainstorming dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian Library Research (Penelitian Kepustakaan). Metode brainstorming masih menemukan kendala dalam proses pembelajaran, seperti pertama meluasnya topik pembahasan karena munculnya pendapat yang berbeda, kedua menghabiskan banyak waktu pada sesi curah pendapat; ketiga, peserta didik yang kurang aktif berpeluang untuk tertinggal khususnya saat sesi curah pendapat. Beberapa alternatif mengatasi hal itu dengan pertama, guru harus memberi batasan ketika proses curah pendapat; kedua, guru harus membagi waktu setiap sesi kegiatan khususnya brainstorming sehingga dapat terpenuhi tujuan pembelajaran; ketiga, guru harus mengambil peran utama untuk proses partisipasi aktif peserta didik. Maka adanya metode brainstorming memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran tematik terpadu di MI/SD yang dibuktikan dengan selisih perolehan nilai rata-rata pretest dan posttest, dan capaian indikator berpikir kritis melalui kegiatan pembelajaran pada setiap sesi kegiatan metode brainstorming.