Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Kelas V di MIN 3 Kota Padang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik yang diterapkan dalam proses belajar mengajar masih terlihat pemisahan antar mata pelajaran. Proses belajar mengajar sudah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang menyediakan buku tema, tetapi berdasarkan penelitian belum sepenuhnya menunjang terjadinya proses belajar mengajar yang kondusif, kreatif dan inovatif. Hal yang menyebabkan pembelajaran tematik belum mencapai tahap maksimal adalah kurangnya kepedulian pendidik terhadap kreativitas yang dimiliki peserta didik dan pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di MIN 3 Kota Padang dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di MIN 3 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest yang dilakukan terhadap kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MIN Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan sampel dari penelitian ini adalah kelas V. Instrument yang digunakan adalah berupa tes Essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif dengan berbantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik dengan langkah-langkah pelaksanaan meliputi, persiapan (Preparation), penyajian (Presentation), menghubungkan (Correlation), menyimpulkan (Generalization), dan penerapan (Application) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian hasil analisis data diberoleh rata-rata hasil belajar pretest 68,13 dan rata-rata hasil posstest 88,43. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh nilai hitung thitung = 9.256, kemudian ttabel = 2.045 dapat dilihat pada tabel statistik pada signifikasi 0.05, karena thitung > ttabel (9.256 > 2.045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik di MIN 3 Kota Padang.