EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIIYAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, terlihat masih banyak nilai peserta didik yang di bawah KKM, rendahnya hasil belajar ini juga disebabkan oleh randahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik, pembelajaran hanya enderung menerima penjelasan dari pendidik sehingga kemampuan pemahaman konsep peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara legkap dan mendalam tentang Efektifitas model pembelajaran Think Pair Share terhadap pemahaman konsep dalam materi pecahan pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah . Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 7 Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik untuk ,menguji hipotesis adalah menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Hasil analisis data aspek kognitif peserta didik kelas esperimen dengan nilai rata-rata = 78,5 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata= 66,8 peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM pada kelas eksperimen sebanyak 14 orang (70%) dan kelas kontrol sebanyak 7 orang (30%). Bersadarkan hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,044 dan ttabel= 1,686. karena didapat thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini terbukti terdapat pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi pecahan kelas IV MIN 7 kota Padang.