Perbaikan Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran IPA Pada Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup di SDN 112225 Hadundung Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan metode pembelajaran Talking stick. Untuk perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri khusus makhluk hidup kelas 6 di SDN 112225 hadundung. Penelitian ini menggunakan refleksi pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan di SDN 112225 hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten LabuhanBatu Selatan pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6, waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2020 ( mulai dari kegiatan persiapan sampai pelaksanaan tindakan). Dari hasil penelitian penulis melakukan pengamatan sebanyak 2 siklus, yang difokuskan pada situasi kelas dan dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, di mana pada tahap prasiklus masih banyak kekurangan dalam penyampaian materi dan metode yang digunakan tidak efektif dan efisien. Melihat kenyataan ini penulis membuat perbaikan pembelajaran pada tahap siklus I. Pada tahap ini peneliti melakukan perbaikan metode pembelajaran, agar Siswa lebih aktif dalam penerapan proses belajar, maka penulis melakukan perbaikan pembelajaran di siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran Talking stick dan ternyata diperoleh hasil yang memuaskan. Untuk itu peneliti perbaikan pembelajaran diakhiri Pada siklus II.