Upaya Mengatasi Prilaku Adiksi Terhadap Game Online
Abstract
Penelitian ini mengangkat suatu fenomena Game Online di kalangan peserta didik di madrasah. Waktu belajar banyak dihabiskan akan kecanduan Game Online dengan dalih menghilangkan rasa penat dan bosan dalam aktivitas madarsah. Tanpa sadar dampak buruk yang ditimbulkan dari aspek mental-spritual, pisik-psikis, ekonomi-sosial dan agama serta budaya akademik tentunya. Melalui penelitian ini diharapkan agar pihak yang berkepentingan dalam pendidikan terutama orangtua dan guru agar memberikan perhatian lebih terhadap prilaku anak, baik di rumah maupun di madrasah. Peran serta masyarakat sebagai warga madrasah juga menjadi penting ikut berpartisipasi aktif mengatasi berbagai penyimpangan yang dilakukan generasi muda sebagai kaum pembelajar. Metode kualitatif yang bersifat deskriptif penulis gunakan agar temuan lapangan dapat digambarkan seonjektif mungkin menurut apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, adanya upaya guru dan orangtua dalam mengatasi perilaku adiksi game online peserta didik. Dalam bidang akademik guru membangun karakter positif peserta didik melalui proses pembelajaran. Orangtua turut mengontrol perilaku anaknya dengan membangun pergaulan yang harmonis, hangat dan berimbang dalam rumah tangganya. Selanjutnya mengintensivkan kegiatan ekstrakurikuler berupa latihan pramuka, drum band, tahfidz dan forum Annisa, dibimbing oleh guru pendamping yang sudah berpengalaman secara berkelanjutan. Kesimpulannya bahwa kemajuan sains dan teknologi sangat menarik perhatian generasi muda. Celakanya banyak yang tidak sadar efek negatif yang ditimbulkannya makakehadiran guru, orangtua dan masyarakat sangat urgent memberikan kepedualian untuk masa depan mereka.