ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS
Abstract
memahami agama secara dogmatis, bukan nalar kritis. Karenanya penelitian ini focus pada Bahan Ajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 dengan metode studi pustaka melalui analisis isi (content analysis) dan interpretasi isi (content interpretation). hasil dari penelitian mendapati bahwa terdapat relevansi pendidikan kritis dengan materi dan gambar buku ajar, kesadaran kritis dibangun melalui prosedur pendekatan saintifik pada proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Melalui tradisi kritis, peserta didik mampu memahami realitas dan mengubahnya menjadi lebih baik, damai, adil, aman, dan sejahtera. Penelitian ini berkontribusi bagi pembuktian sekaligus dorongan perlunya pemaknaan ulang atas model sosialisasi wacana kesadaran kritis yang mengintegrasikan prinsip keadilan dengan prinsip pendidikan Islam agar dapat mengakomodasi tuntutan kesadaran kritis, salah satunya, melalui perumusan bahan ajar yang berkesadaran kritis.