Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Nearpod Di Kelas III Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik untuk pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi nearpod di kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode R&D dengan model penelitian ADDIE. Tahap analisis mengungkapkan permasalahan mendasar dalam pengembangan bahan ajar. Pada tahap desain, dilakukan desain produk untuk bahan ajar. Pada tahap pengembangan, evaluasi ahli terhadap buku teks mendapat skor 0,99% dalam materi, 0,86% dalam media, dan 1,06% dalam bahasa kategori yang valid. Tahap implementasi dilakukan dengan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Tes kepraktisan guru mendapat skor 0,85% dalam kategori sangat praktis, dan tes kepraktisan siswa mendapatkan skor 0,85% dalam kategori sangat praktis. Uji keefektifan dilakukan di SDN 09 Air Tambang dan SD IT Fathur Ilmi Kabupaten Pesisir Selatan terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari pengetahuan dan mencapai nilai prediksi baik sebesar 84,44 dan 83,33. Keterampilan mendapat skor 3,63 dan 3,44, predikat sangat baik dan baik, dan skor sikap 3,67 dan 3,50, predikat sangat baik. Fase evaluasi, di mana saran dan kontribusi ahli dianalisis dan dievaluasi selama fase validasi buku teks yang dikembangkan. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulannya adalah bahwa bahan ajar tematik untuk pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi nearpod layak digunakan untuk menunjang hasil belajar peserta didik, dengan kategori valid, praktis dan efektif untuk digunakan di kelas 3 Sekolah Dasar.