ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan di SDN 09 Air Tawar Barat Padang, ditemukan masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika dalam materi operasi hitung campuran. Kesulitan muncul ketika peserta didik harus menerapkan, memikirkan konsep, dan prosedur untuk memecahkan masalah. Masalah yang sering dihadapi peserta didik saat menyelesaikan soal matematika adalah kemampuannya dalam memahami struktur masalah yang terdapat dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “a) kesulitan-kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. b) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam mengerjakan soal cerita matematika.” Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan latar alamiah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Teknik dan instrumen pengambilan datanya yaitu menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi terhadap peserta didik di SDN 09 Air Tawar Barat Padang. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik kesulitan dalam mengubah kalimat soal ke dalam bentuk kalimat matematika, dikarenakan peserta didik kesulitan dalam memahami masalah, sehingga peserta didik salah dalam langkah selanjutnya pada soal cerita matematika. Faktor penyebabnya yaitu Peserta didik kurang menguasai materi yang diberikan dan peserta didik jarang berlatih dalam mengerjakan soal.